Saturday, May 5, 2012

Ekosistem

Dalam materi ini konsep-konsep yang perlu dipahami dan dikuasai adalah bahwa ekosistem :

  1. tersusun oleh mahkluk hidup dan tak hidup

  2. mencakup interaksi antara penyusun ekosistem

  3. dalam sebuah ekosistem terjadi sebuah dinamika

  4. dalam ekosistem setiap spesies/populasi memiliki peranannya masing-masing

  5. aliran energi nampak dalam rantai/jejaring makanan


Mari kita bahas .

Ketika kita membicarakan ekosistem kita harus mempelajari secara komprehensif antara unsur hidup dan tak hidup serta interakasi yang terjadi diantara mereka. Yang harus dimengerti selanjutnya  dalam sebuah ekosistem adalah tingkatannya.

  1. komponen terkecil dari ekosistem adalah spesies, pada level ini dipelajari khusus suatu spesies mengenai perannya dalam sebuah ekosistem dan pengaruhnya dalam sebuah ekosistem. Baik itu spesies dari filum plantae, animalia ataupun filum-filum mikroskopis lainnya.

  2. komponen satu tingkat diatasnya yang merupakan kumpulan satu spesies yang sama yaitu populasi. pada level ini mempelajari mengenai penaguruh suatu populasi dalam sebuah ekosistem dan perannya dalam sebuah ekosistem.

  3. beberapa populasi dalam suatu wilayah berkumpul juga membentuk komponen ekosistem yang disebut komunitas. Pada level ini dipelajari mengenai suatu komunitas yang tersusun dari berbagai suatu populasi usus suatu spesies mengenai perannya dalam sebuah ekosistem dan penaruhnya dalam sebuah ekosistem.


Jadi dalam ekosistem bisa dibicarakan dalam level spesies, populasi, maupun komunitas. Selanjutnya adalah di dalam suatu ekosistem pasti terjadi interaksi. jika tidak terjadi interaksi tidak bisa disebut dengan ekosistem. Interaksi yang terjadi di dalam ekosistem juga bisa terjadi pada level spesies, populasi ataupun komunitas.

Contoh interaksi yang terjadi dalam satu spesies adalah bermain/bercanda,  saling kawin, persaingan, dsb.



Sedangkan contoh interaksi yang terjadi antar populasi adalah memangsa dan dimangsa, atau persaingan, atau bisa pula hubungan yang saling menguntungkan ataupun yang merugikan.





Contoh interaksi yang terjadi pada tingkat komunitas adalah, misalnya antara komunitas sawah dan komunitas sungai. Komunitas sawah disusun oleh bermacam-macam organisme, misalnya padi, belalang, burung, ular, dan gulma. Komunitas sungai terdiri dari ikan, ganggang, zooplankton, fitoplankton, dan dekomposer. Antara komunitas sungai dan sawah terjadi interaksi dalam bentuk peredaran nutrien dari air sungai ke sawah dan peredaran organisme hidup dari kedua komunitas tersebut.

Interaksi antarkomunitas cukup komplek karena tidak hanya melibatkan organisme, tapi juga aliran energi dan makanan. Interaksi antarkomunitas dapat kita amati, misalnya pada daur karbon. Daur karbon melibatkan ekosistem yang berbeda misalnya laut dan darat.



Dengan adanya macam-macam interaksi tersebut dan tentunya masih dipengaruhi pula faktor tak hidup maka jika terjadi suatu perubahan pada suatu level ekosistem maka terjadi pula perubahan pada level ekosistem yang lebih tingi atau level ekosistem yang lebih rendah. Hal inilah yang dimaksudkan dengan aspek dinamika ekosistem.

Ekosistem memiliki sifat yang dinamis yaitu selalu berubah, hal ini bisa terjadi karena ada suatu ketergantungan antara komponen yang satu dengan yang lain ataupun antara level yang satu dengan level yang lain. sifat dinamis ini meliputi aspek kematian dan kelahiran (mortalitas dan natalitas), pergerakan mahkluk  hidup dari satu wilayah ke wilayah yang lain(emigrasi-imigrasi).

Sifat ketergantungan yang disebutkan pada paragraph sebelumnya bisa muncul karena di dalam sebuah ekosistem setiap spesies/populasi memiliki peranannya sendiri-sendiri. Peranan tersebut antara lain ada spesies/populasi yang berperan sebagai produsen/penghasil, konsumen/pemakai, dan pengurai. Dari peranan tersebut maka di dalam ekosistem akan ditemukan adanya aliran energi yang melalui jaring-jaring makanan.



jika ingin lebih mendetail tentang ekosistem bisa Anda gunakan link berikut ini:

http://www.irwantoshut.net/ekosistem.html

Untuk memahami hal tersebut Anda perlu mengetahui definisi istilah yang biasa muncul dalam ekosistem klik link berikut untuk menuju ke istilah-istilah ekosistem.

No comments :

Post a Comment